Kategori

Newsletter

Blogs

No RSS feed added

Twitter @InfoGreenatura

Sihir dan Therapinya

oleh: Abu Ikhsan M. Kes.

Di era yang dikatakan serba modern ini, bukanlah berarti semuanya serba berteknologi canggih. Tetapi di era modern ini justru dunia klenik dan sihir, keduanya mendapatkan porsi dan tempat yang besar di hati sebahagian masyarakat kita. Bahkan tidak tanggung-tanggung ini juga dilakukan oleh orang-orang yang dikatakan ‘pejabat’, ‘orang besar’ atau ‘intelektual’. Bahkan menurut AC Nielsen, suatu lembaga survey di Indonesia, menyatakan bahwa majalah Misteri (majalah yang penuh dengan sihir dan klenik) adalah majalah yang masuk rangking no.2 dalam oplah penjualannya di Indonesia ini.

Kemasan sihir dewasa ini dikemas dengan sangat menawan, ada yang diberi label ‘Pengobatan alternatif’ (bahkan kadang di tambahi dengan label-label ‘islami’), ada juga yang bersembunyi dengan kedok ‘Meditasi’ atau ‘Tenaga dalam’, ‘Supra natural’ dan lain sebagainya. Apapun itu yang jelas kesemuannya itu laris bak kacang goreng, bahkan tidak jarang kita membaca iklan2 yang menawarkan ‘jasa’ tersebut di media2 cetak secara bebas. Tetapi kesemuanya itu adalah dari jenis sihir, karena mereka2 tersebut menggunakan jin sebagai media penyembuhan atau pengobatannya. Sihir dan pelakunya, dalam islam tidak mendapatkan tempat sedikitpun, bahkan keduanya adalah sangat tercela, bahkan jatuh dalam kategori syirik kepada Allah.

Yang mana kita tahu bahwa syirik adalah dosa besar yang paling besar, yang kalau pelakunya tidak sempat bertobat kemudian meninggal dunia, maka ia akan kekal didalam neraka jahanam, sebagaimana yang banyak dijelaskan oleh nabi Muhammad SAW. Meskipun penggunaan sihir itu kadang dengan alasan untuk menolong orang yang sedang kesusahan atau untuk mencari orang atau sesuatu yang hilang.

Karena bagaimanapun alasannya, praktek sihir ini tak terlepas dari peran dibelakang layar yang dimainkan oleh syetan (jin) dan bala tentaranya. Dan tentunya itu semuanya bukan hanya sebagai hadiah cuma2 belaka, melainkan ada kontrak kerja dari si pelaku terhadap syetan dan bala tentaranya. Dan tidak jarang dalam kontrak kerja tersebut syetan-syetan itu mensyaratkan sesuatu yang sifatnya Haram yang menghinakan bagi Allah dan RasulNya.

Sebagai contoh ada kejadian yang benar2 terjadi di sebuah daerah di jawa timur. Yang mana didaerah tersebut ada seorang yang disebut sebagai ‘orang pintar’ yang digelari oleh orang2 di lingkungan masyarakat sekitar. Dengan penampilannya yang menggunakan sorban serta jubah yang panjang, dia sangat ampuh dan meyakinkan dalam mengobati berbagai penyakit yang terjadi dalam lingkungan masyarakat sekitarnya. Sehingga berduyun-duyunlah orang-orang disekitarnya datang untuk berobat kepadanya. Untuk mendapatkan ‘jampian’ dan ‘air suci’ yang telah dibacakan oleh sang ‘orang pintar’ tersebut.

Suatu hari, ‘orang pintar’ yang sudah berusia sepuh ini menderita sakit parah yang mengarah kepada ajalnya, lalu ia memanggil keponakannya yang selama ini tinggal bersamanya. Diapun berpesan kepada si keponakannya tersebut, bahwa jikalau dia mati nanti maka, janganlah dibongkar ruang WC ditempat prakteknya. Tak berapa lama setelah itu meninggallah si ‘orang pintar’ tersebut.

Namun sang keponakan kala itu menjadi penasaran dengan wasiat sang paman yang telah meninggal tersebut, maka hal ini diutarakannya kepada salah seorang kawannya yang kebetulan adalah seorang ustadz yang alim.

Lalu setelah mendengar cerita keponakan ‘orang pintar’ tersebut, maka ustadz tsb justru menyarankan bahwa sebaiknya dilakukan pembongkaran WC di ruang praktek ‘orang pintar’ tersebut, karena wasiat ini aneh dan janggal, sehingga kita dapat mencari tahu apa yang sebenarnya disembunyikan oleh pamannya itu. Kemudian keesokan harinya dimulailah pekerjaan membongkar WC yang berada di kamar praktek ‘orang pintar’ itu, ternyata setelah digali dibawah WC jongkok yang di bongkar tersebut ditemukan bungkusan yang berisikan kitab suci “Al-Qur’an’.

MasyaAllah……, Jadi selama ini yang membuat si ‘orang pintar’ tadi menjadi ‘sakti’ dalam menyembuhkan berbagai penyakit adalah karena bantuan syetan-syetan dari golongan jin yang telah membuat kontrak kerja dengan sang ‘orang pintar’ ini, dengan syarat menghinakan kitab suci Al-Qur’an dengan sehina-hinanya, dengan menanamkannya di bawah WC jongkok di ruang prakteknya tsb.

Terbongkarlah rahasia ‘sakti’ sang ‘orang pintar’ tersebut. Dan hampir semua (kalau tidak mau dikatakan semuanya) ‘orang pintar’ telah melakukan kontrak dengan syetan dari golongan jin, sehingga dengan bantuan jin tersebutlah dia dapat menggunakan sihir tersebut untuk berbagai keperluannya. Sihir merupakan persekongkolan antara tukang sihir dengan syetan-syetan. Caranya seperti kisah diatas tadi, sang tukan sihir (orang pintar, paranormal dsb) melakukan hal-hal yang diharamkan atau mengandung kesyirikan, sebagai syarat agar syetan tersebut mau membantunya dan tunduk untuk menuruti segala perintahnya.

Jin tidak mau mengabdi kepada tukang sihir kecuali dengan sebuah imbalan, yang mana imbalan itu akan membawa keduanya kekal di dalam neraka jahanam, sebagaimana yang diinginkan oleh syetan tsb.

Karena tukang sihir dan jin merupakan pasangan yang saling bertemu untuk melakukan kesyirikan dan kedurhakaan kepada Allah SWT. Allah SWT. Telah menjelaskan hal ini dalam Al-Qur’an, surat Al-Jin (72) ayat 6, yang artinya,: “ Dan bahwasanya ada beberapa orang laki-laki dikalangan manusia yang meminta perlindungan (pertolongan) kepada beberapa laki-laki dari kalangan jin. Maka jin-jin tersebut menambah bagi mereka dosa dan kesalahan”. Juga diayat lain Allah SWT berfirman yang artinya,: “Dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir, yang menghembuskan pada buhul-buhul.” (QS Al Falaq: 4) Al Qurthuby berkata, “Maksudnya adalah para wanita tukang sihir yang mempunyai kebiasaan menghembus pada tali-tali, sambil komat kamit membaca mantera-mantera”.

Rasulullah SAW. sangat melarang praktek ini. Dan menyatakan bahwa hal ini adalah termasuk sihir. Beliau SAW. Bersabda, “ Barang siapa yang mendatangi dukun atau tukan ramal, lalu membenarkan perkataannnya, berarti dia telah mengingkari apa-apa yang telah diturunkan kepada Muhammad.” ( Dishahihkan oleh Al-Bany dalm Bulughul Maram 285).

Tanda-tanda Metode Pengobatan yang menggunakan Sihir.

Banyak cara yang dilakukan oleh para tukang-tukang sihir dalam mengemas praktek perdukunan mereka tersebut, dari cara mengkamuflase istilah-istilah untuk mereka dengan gelaran-gelaran ‘orang pintar’, ‘paranormal’, ‘syekh fulan’ dsb.
Sehingga kadang kita tidak sadar telah terjebak dengan permainan-permainan mereka. Hal ini karena banyaknya praktek mereka yang bersembunyi dibalik nama ‘pengobatan alternatif’ atau ‘pengobatan tradisional leluhur’ dll. Bahkan tidak jarang sampai menggunakan label-label islam. Untuk lebih memudahkan dalam kita mengenali seorang tukang sihir, maka berikut ada beberapa tanda kebiasaan yang mereka lakukan:

1. Ketika si pasien pertama kali datang dan bertemu, kadang si tukang sihir ini sudah mengetahui terlebih dahulu nama sang pasien, serta berbagai ciri-ciri khas pribadi pasien.

2. Mengambil saputangan, atau sobekan kain atau yang sejenisnya dari si pasien.

3. Meminta foto si pasien, untuk dapat disembuhkan dari jarak jauh.

4. Menuliskan susunan huruf-huruf hijaiyah (huruf Arab) secara tidak beraturan diatas sebuah kertas kemudian disuruh membacanya. Atau membakarnya, dan sisa bakaran itu diminum dengan air putih.

5. Meminta binatang untuk dipotong, atau mentransfer penyakit kedalam tubuh binatang kemudian binatang tersebut dipotong.

6. Memberikan sesuatu kepada pasien agar sang pasien memendamnya didalam tanah.

7. Memberikan jimat, atau dapat berupa kain yang ditulis dengan huruf2 arab yang tidak beraturan untuk disimpan atau dibawa dalam kantong baju/celana dll.

8. Terkadang menyuruh pasien untuk menyepi/ tirakat dan tidak bergaul dengan orang banyak selama beberawa waktu tertentu.

9. Meminta si pasien untuk membaca wirid2 tertentu yang mengandung kesyirikan atau wirid2 dalam bahasa arab yang tidak ada artinya.

10. Terkadang meminta pasien dengan permintaan-permintaan yang tidak masuk akal, misalnya menanam kepala atau darah dari kambing/ kerbau/ ayam disekitar rumahnya dll.

11. Meminta pasien untuk mencarikan orang yang sedang hamil untuk ditransfer ilmunya untuk mempercepat kesembuhannya atau untuk mencari orang hilang. Yang biasanya akan berakibat gugurnya janin yang sedang dikandung si wanita hamil tersebut atau bayinya lahir dalam keadaan cacat.

Yang paling parah dari kesemuanya itu adalah sekali kita berhubungan dengan jin-jin tersebut, maka akan semakin susahlah kita akan terlepas dari jeratannya yang terus akan membayangi kita dan keluarga kita, anak-anak kita. Hingga kita meninggal dunia dalam keadaan mempersekutukan Allah dan kekal di dalam neraka. Karena Iblis (rajanya Jin) telah berjanji kepada Allah SWT. Ketika dia diusir oleh Allah SWT dari jannah, sebagaimana yang difirmankan dalam Al-Qur’an : “Iblis menjawab: ‘Karena Engkau telah menghukum saya tersesat, maka saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka (manusia) dari jalan Engkau yang lurus, Kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (taat).” (QS. 7:17)

Jadi jangan sekali-kali untuk berhubungan dengan jin-jin tersebut.

Cara Menangkal Sihir.

Yang pertama adalah, senantisa selalu berdzikir kepada Allah SWT, karena hati yang lalai dan kosong dari berdzikir kepada Allah SWT, akan sangat mudah untuk dimasuki oleh kekuatan sihir.

Cara lain yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. agar dapat terhindar dari sihir adalah dengan memakan tujuh butir kurma Madinah. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, yang artinya : “ Barangsiapa yang memakan tujuh butir kurma ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu dia tidak akan terkena dampak racun dan sihir.” (HR. Bukhori no 5769, dan Muslim no. 2047).

Ajwah adalah sejenis kurma Madinah yang paling bagus, yang sering disebut juga dengan kurma al-aliyah. Khasiatnya adalah untuk menolak racun dan sihir karena barokah doa Nabi SAW. Cara yang lain dalam menangkal sihir adalah dengan berWudhu. Sihir tidak akan mempan terhadap orang-orang yang dalam keadaan suci (berwudhu). Rasulullah SAW. Bersabda: “ Sucikanlah jasad ini, niscaya Allah SWT, akan mensucikan kalian. Sesungguhnya tidak ada seorangpun hamba yang dalam keadaan bersuci pada malam hari, melainkan ada seorang malaikat pada setiap helai bulunya. Dia tidak akan membalikkan badan sesaatpun pada malam tersebut, melainkan malaikat itu berkata, “Ya Allah, ampunilah hamba-MU ini, karena malam ini dia dalam keadaan bersuci.” (HR Thabrani dengan isnad yang Jayyid. Al-Albany menghasankannya dalam shahihul Jami’ 3936).

Cara lainnya dalam menangkal sihir adalah dengan cara senantiasa melazimkan Sholat berjamaah.

Rasulullah SAW bersabda, : “Tidaklah ada tiga orang di sebuah kampung atau pedalaman, yang disana tidak didirikan shalat (secara berjamaah), melainkan syetan akan menaklukan (menguasai) mereka. Maka hendaklah engkau senantiasa mengikuti sholat berjamaah, karena serigala hanya memakan domba yang menyendiri.” (HR Abu Daud, Ibnu Majah dan Ahmad, Al-Albany menhasankan dalam shahihul Jami’ 5701).

Itulah sebahagian cara untuk dapat terhindar dari pengaruh sihir. Lantas bagaimanakah caranya untuk melepaskan diri dari sihir, jika seseorang telah terkena pengaruh sihir tersebut? Satu cara yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. untuk mengobati seseorang yang terkena sihir adalah dengan me-Ruqyah-nya, yaitu dengan membacakan ayat-ayat Al-Qur’an serta do’a-do’a yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Apa dan bagaimana Ruqyah itu ? akan kami jelaskan pada Edisi pekan depan bulletin ath-Thibbun an-Nabawi ini. Insya Allah.


Artikel ini bermanfaat?
Berbagilah dengan teman-teman anda dengan klik di bawah ini
Bookmark and Share

Jangan lupa, daftarkan diri anda dan dapatkan:
Newsletter. Artikel berkaitan dengan kesehatan secara Islam
Link Video atau Audio Kesehatan
eBook Gratis (sedang dalam pengerjaan)
Penawaran mengikuti Klub Sehat Islami, Sehat Alami. (Facebook)
Informasi Promo Special. Discount dan Penawaran menarik lainnya.

 

Daftarkan diri anda (Gratis!)

Bergabung untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan berkala, 100% Kerahasiaan Privasi anda.

 Nama Lengkap :  
 Alamat Email :